Jumat, 25 Juni 2010

KHASIAT PROPOLIS LEBAH

Propolis atau bee propolis merupakan salah satu produk dari lebah. Dihasilkan dari getah tanaman dan air liur lebah yang sangat bagus bagi kesehatan manusia. Oleh lebah produk ini digunakan untuk :
- Merekatkan dan menambal sarang lebah yang bocor
- Sebagai disinfektan alami yang digunakan lebah untuk mensterilkan sarangnya
Didalam propolis terkandung :
- Biovlavonoids dapat memulihkan sistem kapilari, memperbaiki kerapuhan dan kebocoran saluran darah, 1 tetes propolis sama dengan 500 buah jeruk.
- Mineral (14 macam, terutam zat besi dan seng)
- Protein (16 jenis asam amino)
- Vitamin (A,B kompleks,C,D,E)
- Glukosa
- Minyak esensial
- Zat nutrisi penting lainnya.
Propolis dikumpulkan lebah dari bahan-bahan bunga, daun muda dan kulit tumbuhan. Lalu dicampur dengan air liur dan lilin lebah. Berfungsi untuk menambal lubang dalam sarang lebah dan sebagai pelindung populasi lebah dari serangan luar dan menjaga sarang tetap steril dari virus, bakteri dan jamur. Diperkirakan dari 200 ribu ekor lebah hanya menghasilkan kurang lebih 20 gram propolis dalam satu tahun. Proses pembuatannya menggunakan alat atau kertas khusus yang dipanaskan dalam suhu 60-70C untuk mencairkan dan menyaring lilin lebah dan kotoran lain sebelum menjadi "Water Base" propolis dari negara Brazil yang terkenal memiliki sumber "Flavonoids" paling kaya didunia. Oleh karena itu harganya mahal sekali.
Propolis adalah 100% zat alami. Didalamnya terdapat antibiotik alami yang bebas racun dan efektif melawan virus, bakteri dan jamur. Namun dalam pemakaiannya kadang bisa menimbulkan reaksi detoksfikasi positif yang menunjukan propolis sedang bekerja. Reaksi bersifat sementara dan biasanya masih berhubungan dengan penyakit yang diderita. Karena itu pemakaian propolis dimulai dari dosis terendah.
Mengapa ada ketentuan dosis dalam praktek di lapangan? yang dimaksud tanpa dosis adalah penggunaannya tergantung kemampuan tubuh, umur, jenis dan beratnya penyakit. Jadi tidak ada batasan, sebab jika jumlahnya berlebihan dan tubuh terbatas penyerapannya, maka tidak akan ekonomis.
Tanpa kadaluwarsa karena propolis merupakan anti virus, bakteri dan jamur, maka dalam penyimpanan normal akan tetap terjaga dan bebas dari kadaluwarsa sampai bertahun-tahun lamanya.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar